blog muhammad hamka ( fakultas Agama Islam )Universitas Muhammadiah Pontianak
animasi bergerak naruto dan onepiece

Rabu, 07 Mei 2014



TUGAS INDIVIDU

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                     

                        
DI SUSUN OLEH :
                                m.hamka
                                   111410813

FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH
PONTIANAK
2012





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SATUAN PENDIDIKAN    : MADRASAH TSANAWIYAH
MATA PELAJARAN          : Pemb, BAHASA ARAB
MATERI                               : SEJARAH NABI MUHAMMAD SAW
KELAS/SEMESTER           : XI

WAKTU                                : 1 X 25 MENIT (1X pertemuan )
STANDAR KOMPETENSI   : Memahami sejarah kehidupan Nabi Muhammad SAW
KOMPETENSI DASAR     : Memperingati Sejarahnya Nabi Muhammmad SAW
INDIKATOR:
-          Mengutip dan menyimpulkan dari awalnya beliau lahir hingga akhir hidupnya.
-          Menjelaskan kepada siswa tentang siapa saja keluarga terdekatNya

TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.      Setelah mendengar penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan kembali tentang sejarah Nabi Muhammad SAW
2.       Siswa diharapkan agar bisa belajar banyak tentang kehidupan dan sejarahNya Nabi Muhammad SAW
KARAKTER SISWA
      Dari pembahasan yg sudah di sampaikan, baik itu berupa materi maupun perakteknya mungkin siswa dapat menilai dan memahami, bahwa materi tentang sejarah nabi Muhammad saw ini tidak hanya pengertian saja yang di pelajari, melainkan siswa dapat mengetahui dari awalnya kehidupan sampai wafatnya nabi Muhammad saw.dan bagaimana kita sebagai umatNya harus mengenang dan memperingati seperti mauliNya nabi Muhammad saw.yaitu sebagai tanda ucapan terima kasih kita kepada Beliau.








MATERI POKOK

القراءة
( من سيرة حياة محمد ص م )

للمسلمين منا سبات دنية يحتفلون بها.
منها ذكرى مولدالرسول, يقيمونها في المسا جد, أو المدارس ,
أو المكاتب, بل في المنازل.
إنها حفل بمولد سيدالمرسلين محمد عليه الصلآة والسَّلَامِ.

ولد محمد ص م في مكة يوم الإثنين, الثاني عشر من شهر ربيع الاول
توفي أبوه عبدالله بن عبدالمطلب, وكان ابن شهرين , وقيل إن اباه توفي وهو حمل.
ثم توفيت أمه بالابواء وكان عمره ست سنين
ثم توفي جده عبدالمطلب وأوصى به إلى أبي طالب
خرج محمد مع أبي طالب إلى الشام في التجارة
ثم خرج إلى الشام كذالك في تجارة خديجة









( SEJARAH KEHIDUPAN NABBI MUAMMAD SAW )
  
Bagi orang-orang muslim itu patut merayakan yang berkaitan  dengan keagamaan mereka, diantaranya adalah peringatan maulid (kelahiran) rasul, yang mereka laksanakan nya di masjid, atau di sekolah-sekolah atau di kantor-kantor atau bahkan di tempat tinggalnya, sesungguhnya peringatan itu adalah peringatan kelahiran nabi Muhammad saw.
Nabi Muhammad saw dilahirkan di makkah, pada hari senin tanggal 12 bulan rabiul awal, ayahnya Abdullah bin abbdul muthalib wafat sedangkan usia nabi pada waktu itu masih dua bulan, adapun rakyat yang lain mengatakan sesungguhnya ayahnya wafat, sedangkan dia masih dlam kandungan ibunya.
Kemudian ibunya wafat dikampung tau di desa, sedangkan usia nabi masih enam tahun. Kemudian kakeknya Abdul Muthalib diwafatkan kekek tersebut mewasiatkannya kepada abu thalib,(pamannya nabi).
Nabi Muhammad keluar bersama pamannya abu thalib ke Negeri Syam untuk berdagang kemudian dia keluar seperti itu pula ke negeri  syam untuk membawa daagangannya siti khadijah.
Kemudian setelah itu Dia menikah dengan Siti Khadijah sedangkan usianya ketika itu baru 25 tahun. Allah mengutuskan Muhammad sebagai seorang nabi dan rasul dalam usia 40 tahun, Abu Thalib, yakni pamannya sekaligus orang yang menjaganya dari gangguan orang-orang Quraisy mereka itu ingkar terhadap risalah di bawahnya, kemudian tiga hari setelah wafat pamannya, istrinya khadijahpun wafat.
Dan Khadijah adalah wanita pertama yang telah membenarkan kembalinya Muhammad, dan dia pulalah yang telah menghibur suami (Muhammad ) itu dari setiap apa yang dia berjalan atasnya, baik dalam keadaan susah dan duka.






E. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

NO

JENIS KEGIATAN

NILAI KARAKTER

WAKTU
1





Kegiatan Awal
·         Pengkondisian kelas,salam,berdoa dan absen.

·         Memberikan informasi tentang nabi Muhammad saw.
·         Apersepsi , motivasi

a.       Religi



b.      Aktif


c.       Rasa ingin tahu
     
10 menit 
2







Kegiatan inti
·         Guru menjelaskan kisah tentang pengorbanan nabi dan keluarganya, termasuk istrinya nabi.
·         Siswa mendiskusikan dan menharokatkan dari materi tersebut.
·         Siswa dapat mengulang yang telah guru sampaikan kepada teman-temannya.


a.       Aktif


b.      Disiplin dan tanggung jawab

c.       Rasa ingin tahu

15 menit
 3






Kegiatan akhir
·         Tanya jawab tentang apa sejarah nabi Muhammad saw.
·         Guru memberikan tugas untuk mencari arti dari b,arab tersebut.




        Tanggung jawab

15 menit







STRATEGI DAN METODE PEMBELAJARAN

1.      Strategi  : interactive lecturing, dan modeling the way
2.      Metode : ceramah, Tanya jawab, resitasi


MEDIA DAN SUMBER
Media  : papan tulis,alat tulis, spidol,power point,
1.       Sumber :  http://almanhaj.or.id/content/2251/slash/0 , http://id.wikipedia.org/wiki/Zina , http://gaulgayarasul.wordpress.com/2006/12/30/5-jurus-jurus-penangkal-zina/

EVALUASI
1.      Prosedur : a. evaluasi proses : Tanya jawab, observasi,resitasi
       b. evaluasi hasil
           1. pretes : mengartikan b,arab dan membacanya.

       2.  jenis evaluasi : 1. Subjektif
                                     2. lisan
     
      3. alat evaluasi    :Jelaskan kembali tentang apa yang sudah disampaikan guru tentang                                                             kisah dan perjalanan nabi Muhammad saw.
                                     





Tidak ada komentar:

Posting Komentar