TUGAS INDIVIDU
RANCANGAN
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
DI SUSUN OLEH :
m.hamka
111410813
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH
PONTIANAK
2012
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SATUAN PENDIDIKAN :
MADRASAH TSANAWIYAH
MATA PELAJARAN :
Pemb, BAHASA ARAB
MATERI :
SEJARAH NABI MUHAMMAD SAW
KELAS/SEMESTER :
XI
WAKTU :
1 X 25 MENIT (1X pertemuan )
STANDAR
KOMPETENSI : Memahami
sejarah kehidupan Nabi Muhammad SAW
KOMPETENSI
DASAR : Memperingati Sejarahnya Nabi
Muhammmad SAW
INDIKATOR:
-
Mengutip
dan menyimpulkan dari awalnya beliau lahir hingga akhir hidupnya.
-
Menjelaskan
kepada siswa tentang siapa saja keluarga terdekatNya
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.
Setelah
mendengar penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan kembali tentang sejarah Nabi
Muhammad SAW
2.
Siswa
diharapkan agar bisa belajar banyak tentang kehidupan dan sejarahNya Nabi
Muhammad SAW
KARAKTER SISWA
Dari pembahasan yg sudah di sampaikan,
baik itu berupa materi maupun perakteknya mungkin siswa dapat menilai dan
memahami, bahwa materi tentang sejarah nabi Muhammad saw ini tidak hanya
pengertian saja yang di pelajari, melainkan siswa dapat mengetahui dari awalnya
kehidupan sampai wafatnya nabi Muhammad saw.dan bagaimana kita sebagai umatNya
harus mengenang dan memperingati seperti mauliNya nabi Muhammad saw.yaitu
sebagai tanda ucapan terima kasih kita kepada Beliau.
MATERI POKOK
القراءة
( من سيرة حياة محمد ص م
)
للمسلمين منا سبات دنية
يحتفلون بها.
منها ذكرى مولدالرسول,
يقيمونها في المسا جد, أو المدارس ,
أو المكاتب, بل في
المنازل.
إنها حفل بمولد
سيدالمرسلين محمد عليه الصلآة والسَّلَامِ.
ولد محمد ص م في مكة يوم
الإثنين, الثاني عشر من شهر ربيع الاول
توفي أبوه عبدالله بن
عبدالمطلب, وكان ابن شهرين , وقيل إن اباه توفي وهو حمل.
ثم توفيت أمه بالابواء
وكان عمره ست سنين
ثم توفي جده عبدالمطلب
وأوصى به إلى أبي طالب
خرج محمد مع أبي طالب
إلى الشام في التجارة
ثم خرج إلى الشام كذالك
في تجارة خديجة
( SEJARAH
KEHIDUPAN NABBI MUAMMAD SAW )
Bagi
orang-orang muslim itu patut merayakan yang berkaitan dengan keagamaan mereka, diantaranya adalah
peringatan maulid (kelahiran) rasul, yang mereka laksanakan nya di masjid, atau
di sekolah-sekolah atau di kantor-kantor atau bahkan di tempat tinggalnya,
sesungguhnya peringatan itu adalah peringatan kelahiran nabi Muhammad saw.
Nabi
Muhammad saw dilahirkan di makkah, pada hari senin tanggal 12 bulan rabiul
awal, ayahnya Abdullah bin abbdul muthalib wafat sedangkan usia nabi pada waktu
itu masih dua bulan, adapun rakyat yang lain mengatakan sesungguhnya ayahnya
wafat, sedangkan dia masih dlam kandungan ibunya.
Kemudian
ibunya wafat dikampung tau di desa, sedangkan usia nabi masih enam tahun.
Kemudian kakeknya Abdul Muthalib diwafatkan kekek tersebut mewasiatkannya
kepada abu thalib,(pamannya nabi).
Nabi
Muhammad keluar bersama pamannya abu thalib ke Negeri Syam untuk berdagang
kemudian dia keluar seperti itu pula ke negeri
syam untuk membawa daagangannya siti khadijah.
Kemudian
setelah itu Dia menikah dengan Siti Khadijah sedangkan usianya ketika itu baru
25 tahun. Allah mengutuskan Muhammad sebagai seorang nabi dan rasul dalam usia
40 tahun, Abu Thalib, yakni pamannya sekaligus orang yang menjaganya dari
gangguan orang-orang Quraisy mereka itu ingkar terhadap risalah di bawahnya,
kemudian tiga hari setelah wafat pamannya, istrinya khadijahpun wafat.
Dan
Khadijah adalah wanita pertama yang telah membenarkan kembalinya Muhammad, dan
dia pulalah yang telah menghibur suami (Muhammad ) itu dari setiap apa yang dia
berjalan atasnya, baik dalam keadaan susah dan duka.
E. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO
|
JENIS
KEGIATAN
|
NILAI
KARAKTER
|
WAKTU
|
1
|
Kegiatan
Awal
·
Pengkondisian
kelas,salam,berdoa dan absen.
·
Memberikan
informasi tentang nabi Muhammad saw.
·
Apersepsi
, motivasi
|
a.
Religi
b.
Aktif
c.
Rasa
ingin tahu
|
10
menit
|
2
|
Kegiatan
inti
·
Guru
menjelaskan kisah tentang pengorbanan nabi dan keluarganya, termasuk istrinya
nabi.
·
Siswa
mendiskusikan dan menharokatkan dari materi tersebut.
·
Siswa
dapat mengulang yang telah guru sampaikan kepada teman-temannya.
|
a.
Aktif
b.
Disiplin
dan tanggung jawab
c.
Rasa
ingin tahu
|
15
menit
|
3
|
Kegiatan
akhir
·
Tanya
jawab tentang apa sejarah nabi Muhammad saw.
·
Guru
memberikan tugas untuk mencari arti dari b,arab tersebut.
|
Tanggung jawab
|
15
menit
|
STRATEGI
DAN METODE PEMBELAJARAN
1. Strategi : interactive lecturing, dan modeling the way
2. Metode
: ceramah, Tanya jawab, resitasi
MEDIA DAN SUMBER
Media : papan tulis,alat tulis, spidol,power point,
1. Sumber : http://almanhaj.or.id/content/2251/slash/0 ,
http://id.wikipedia.org/wiki/Zina , http://gaulgayarasul.wordpress.com/2006/12/30/5-jurus-jurus-penangkal-zina/
EVALUASI
1.
Prosedur
: a. evaluasi proses : Tanya jawab, observasi,resitasi
b. evaluasi hasil
1. pretes : mengartikan b,arab dan
membacanya.
2.
jenis evaluasi : 1. Subjektif
2. lisan
3. alat evaluasi :Jelaskan kembali tentang apa yang sudah
disampaikan guru tentang
kisah dan perjalanan nabi Muhammad saw.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar