RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
( R P P )
1.
Identitas Mata Pelajaran :
|
||
Satuan
Pendidikan
|
:
|
Madrasah
Ibtidaiyah
|
Kelas /
Semester
|
:
|
V / 1
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Sejarah Kebudayaan
Islam
|
Jumlah Pertemuan
|
:
|
1 kali
|
2.
Standar Kompetensi
|
:
|
1.
Mengenal peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw ke Yatsrib
|
3.
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1 Mengidentifikasi sebab-sebab hijrah Nabi
Muhammad Saw ke Yatsrib
|
4.
Tujuan Pembelajaran
|
:
|
Siswa dapat menjelaskan peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw
ke Yatsrib
|
5.
Materi ajar
|
:
|
§ Peristiwa Baiatul Aqobah
I
§ Peristiwa Baiatul
Aqobah II
|
6.
Alokasi waktu
|
:
|
1
x40 menit
|
7.
Matode Pembelajaran
|
:
|
a.
Metode ceramah
b.
Metode diskusi
c.
Metode tanya jawab
|
8.
Kegiatan Pembelajaran :
a.
Pendahuluan (10 menit)
§ Guru memberikan salam
dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah dan kemudian berdoa sebelum
memulai pelajaran.
§ Siswa menyiapkan buku
SKI , membuka bab yang akan dipelajari.
§ Secara bersama
membaca materi peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib dan sub
menjelaskan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib
§ Guru menjelaskan
secara singkat materi yang akan diajarkan dan tujuan atau kompetensi dasar yang
akan dicapai.
§ Guru memotivasi dan
mengajak siswa untuk berpartisifasi aktif dalam pembelajaran
b.
Kegiatan inti (25 menit)
1)
Eksplorasi
§ Untuk mengetahui
pengetahuan siswa, guru memberian pertanyaan yang berkaitan dengan peristiwa
hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib.
§ Dengan bimbingan
guru, siswa secara berkelompok
mendiskusikan materi peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib yang
terbuat di buku paket siswa.
§ Dengan penjelasan
guru, siswa melengkapi materi yang telah diskusikan dan yang berasal dari buku
paket.
§ Siswa membuat catatan
hasil pembahasan dan penjelasan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib.
§ Guru memberikan
kesempatan kepada siswa untuk menanyakan mengapa perlu adanya peristiwa hijrah
Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib.
2)
Elaborasi
§ Siswa membaca peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib
yang terdapat di buku pegangan siswa
§ Guru menugaskan seorang siswa untuk mengemukakan pendapat
tentang bagaimana peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib.
§ Guru mejelaskan dan
melengkapi pendapat siswa tentang peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke
Yatsrib.
§ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk bertanya materi yang belum jelas.
§ Membahas pertanyaan
tersebut secara umum dengan jawaban secara menyeluruh.
§ Guru membagi siswa
menjadi beberapa kelompok untuk berkompetisi menjawab soal yang berkaitan
dengan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib.
§ Guru dan siswa secara
bersama memilih dan menentukan juara hasil kompetisi.
3)
Konfirmasi.
§ Dengan Bimbingan
guru, siswa merefleksi kegiatan pembelajaran guna menggali pengalaman belajar
yang telah dilakukan.
§ Guru memfasilitasi
siswa untuk memecahkan berbagai masalah dan memberi informasi untuk agar
bereksplorasi lebih jauh tentang peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib.
§ Guru memotivasi siswa
yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
c.
Kegiatan akhir / penutup (10 menit)
§ Guru
bersama siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran.
§ Guru
menilai / merefleksi kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan
§ Guru memberi umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
§ Guru meminta siswa
untuk mengerjakan soal-soal latihan yang telah disediakan
§ Guru
menginformasikan bahwa pertemuan
berikutnya akan belajar tentang memahami materi .
§ Guru bersama-sama
siswa menutup pelajaran dengan membaca hamdallah, dan mengucapkan salam kepada
siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
9.
Sumber Belajar
1.
SKI 3 untuk kelas 5 :Tim Guru MI (Tiga Serangkai)
2.
Ensiklopedi Islam/ Sirah Nabawiyah (yang sesuai)
3.
Naskah bermain peran
10.
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Menjelaskan latar belakang peristiwa Baiatul
Aqobah I
§ Menceritakan peristiwa Baiatul Aqobah I sebagai salah satu sebab Nabi hijrah ke
Yatsrib
§ Menjelaskan faktor-faktor penduduk Yatsrib mudah
menerima Islam
§ Menceritakan 10 pemuda pilihan kafir Quraisy
mengepung rumahNabi Muhammad Saw
§ Menceritakan keberanian Ali bin Abu Tholib tidur
di tempat tidur Nabi Muhammad Saw dan memakai selimutnya
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Jawaban
singkat
Jawaban
singkat
|
1.
Apakah yang melatar belakangi peristiwa Baiatul
Aqobah I ?
|
§ Lisan
§ Pengamatan
a. Bentuk penilaian;
§ Uraian
Ø Tes Hasil belajar
§ TerUlis
Pertemuan
No
|
Butir-butir soal
|
Kunci Jawaban
|
SKOR
|
1
|
1. Apakah
yang melatar belakangi peristiwa Baiatul Aqobah I ?
|
||
2
|
2. jelaskan
faktor-faktor penduduk Yatsrib mudah menerima Islam
|
||
3
|
3.
Menjelaskan latar belakang peristiwa Baiatul Aqobah
|
||
Jumlah skor
maksimum
|
100
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
.............. , ...............................
Guru bidang studi SKI
Muhammad Hamka
.........................................
NIP.111410643
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar