RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
satuan pendidikan : MA
mata pelajaran : aqidah ahlak
kelas/semester : X / 2
meteri pokok : riya, aniaya, dan diskriminasi
alokasi waktu : 35 menit
A. Kompetensi
Dasar
7.1. Menjelaskan pengertian riya, aniaya dan
diskriminasi
7.2.Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan
riya, aniaya dan diskriminasi
7.3.Menunjukkan
nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi
Indikator
a. Mendefinisikan pengertian riya, aniaya dan
diskriminasi
b. Menyebutkan bentuk dan contoh-contoh perbuatan
riya, aniaya dan diskriminasi
c. Menganalisis nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya, aniaya dan
diskriminasi
B. Tujuan
Pembelajaran
Siswa
diharapkan mampu untuk :
1.
Menjelaskan
pengertian 1. Riya (2). aniaya,(3) diskriminasi dengan baik dan benar
2.
Memberikan
contoh 1. Riya , (2) aniaya , dan (3) deskriminasi dengan baik dan benar
C. Materi Ajar
1.
fakta
a.
Ahlak tercela
b.
Ahlak tercela
terhadap orang lain
2.
konsep
a.
Pengertian
riya,aniaya,dan diskriminasi
3. prinsip
a.
Upaya
menghilangkan ahlak tercela terhadap diri sendiri dan oranglain
4.
prosedur : . . . . . . . . . . ..
D.
Metode Pembelajaran
Metode : diskusi , demonstrasi, dan drama
E.
Media Alat Dan Sumber Pembelajaran
Media
-
Buku teks
-
Power poin
Alat
-
Laptop
-
Alat tulis
Sumber
Buku
PAI Untuk MA kelas X, Edisi KTSP/ standar isi 2008, syamsuri, penerbit erlangga
F.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
deskripsi
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
-
Memberikan salam
-
Menanyakan kepada siswa kesiapan
belajar
-
Apersepsi : tanya jawab materi
sebelumnya
-
Menyampaikan tujuan pembelajaran
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
-
Siswa secara kelompok menceritakan
bacaan teks tentang pengertian riya, aniaya dan diskriminasi
-
Siswa mengamati kelompok
mendemonstrasikan tentang riya, aniaya dan diskriminasi
Menalar
-
Siswa mendiskusikan tentang riya,
aniaya, dan diskriminasi
Menaya
-
Guru menyuruh kelompok
menderamakan sesuai dengan materi yg telah di bagikan
-
Guru menyanya (agar peserta didik
menanyakan tentang riya, aniaya, dan deskriminasi )
-
Mengapa kita menghindari perbuatan
riya, aniaya, dan diskriminasi.
·
Berikan contoh ria, aniaya, dan
diskriminasi
|
20 menit
|
Penutup
|
-
Mengasosiasikan
-
Siswa memberikan kesimpulan
tentang ria, aniaya, dan diskriminasi
Mengkomunikasikan
-
Guru menambahkan kesimpulan tersebut
dan memberikan kesempatan kepadasiswa untuk bertanya tentang materi yg belum
di mengerti
-
Guru memberikan posttest
-
Guru memberikan motivasi ahir
-
Guru dan siswa mengahiri
pembelajaran dengan membaca hamdalah dan salam
|
05 menit
|
G.
Penilaian Hasil Belajar
1. penilaian proses
no
|
sikap
nama
|
keterbukaan
|
Ketekunan
belajar
|
kerajinan
|
Tenggang
rasa
|
kedisiplinan
|
kerjasama
|
||||||
1
|
|||||||||||||
2
|
|||||||||||||
3
|
|||||||||||||
4
|
|||||||||||||
5
|
|||||||||||||
6
|
|||||||||||||
7
|
|||||||||||||
8
|
|||||||||||||
9
|
|||||||||||||
10
|
Keterangan
Sekala
penilaian sikap di buat dengan rentang antara 1 s.d 5
1. =
sangat kkurang
2
= kurang konsisten
3 =
mulai konsisten
4 =
konsisten
5 =
selalu konsisten
2. Penilaian
hasil diskusi
no
|
nama
|
Kerja sama
|
Mengkomunikasikan pendapat
|
toleransi
|
Menghargai pendapat teman
|
skor
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
9
|
||||||
10
|
3.
penilaian hasil
a.
penilaian pengetahuan
no
|
Indikator penyampaian kompetensi
|
Teknik penilaian
|
bentukpenilaian
|
instrumen
|
1
|
Mendefinisikan pengertian riya, aniaya dan
diskriminasi
|
Testertulis
|
uraian
|
Jelaskan pengertian ria, aniaya, dan diskriminasi
|
2
|
Menyebutkan bentuk dan contoh-contoh
perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi
|
Tertulis
|
uraian
|
tuliskan contoh perbuatan ria,aniaya dan diskriminasi
|
3
|
Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya, aniaya dan
diskriminasi
|
Trtulis
|
urayan
|
Tuliskan akibat dari perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi
|
Pontianak, 19 maret 2014
Guru mata pelajaran
Muhammad Hamka
muhammadhamka@gmail.com
tambah lagi entri posting artikelnya, ukuran font huruf disesuaikan, spya enak dibaca dan susun tulisan dg rapi serta tambahkan page brake pada postingan spya tampil tak terlalu panjang dan hemat halaman depan
BalasHapus